Bromo – Gunung Berapi sejuta pesona di Jatim

Bromo merupakan destinasi wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

bromo

Rute menuju Wisata Bromo

  • Perjalanan melalui pintu barat dari arah pasuruan yaitu masuk dari desa Tosari untuk menuju ke pusat obyek wisata ( lautan pasir ) terbilang berat karena medan yang harus ditempuh tak bisa dilalui oleh kendaraan roda 4 biasa ini dikarenakan jalan turunan dari penanjakan kearah lautan pasir sangatlah curam, kecuali kita menyewa jeep yang disediakan oleh pengelola wisata. anda bisa menyaksikan sunrise yang sering ditampilkan di foto – foto, yang banyak difoto dari puncak penanjakan maka anda lebih praktis melewati jalur pintu barat.
  • Namun apabila kita melalui pintu utara dari arah sebelum masuk probolinggo yaitu pada daerah Tongas, kita akan menuju desa cemoro lawang sebelum turun menuju lautan pasir maka tidaklah terlalu berat dikarenakan turunan dari lerengnya tidaklah terlalu curam sehingga sepeda motor pun dapat melaluinya. Kebanyakan para wisatawan yang ingin mudah mencapai lautan pasir melewati jalur ini.

Tarif Sewa Jeep di Bromo

Dari Cemoro Lawang / Sukapura(Probolinggo)

  • Penanjakan 1 – Kawah Bromo: Rp. 550.000
  • Penanjakan 1 – Kawah Bromo + Pasir Berbisik dan Savana (Bukit Teletubbies) : Rp. 700.000

Dari Wonokitri (Pasuruan)

  • Penanjakan 1 – Kawah Bromo : Rp. 550.000
  • Penanjakan 1 – Kawah Bromo + Pasir Berbisik dan Savana (Bukit Teletubbies) : Rp. 700.000

Daya Tarik Wisata Bromo

  • Menikmati Sunrise matahari terbit di Bromo : Salah satu potensi di TN BTS adalah saat fajar telah menyingsing dan para wisatawan bisa menikmati indahnya matahari terbit di puncak gunung Bromo, puncak Penanjakan atau di beberapa spot lain di sekitar lokasi ini. Untuk melihat matahari terbit pengunjung harus datang ke TN-BTS pagi-pagi sekali ke Penanjakan Sunrise. Akan disarankan untuk tiba di sana sekitar pukul 03.30 ke 4:00 agar tidak terlewat indahnya matahari terbit di puncak Penanjakan.
  • Puncak Bromo terdapat sebuah kaldera yang cukup besar, dengan garis tengah sekitar 800 meter. Saat aktif, kaldera ini akan mengeluarkan asap cukup menarik, namun harus waspada dengan bau belerangnya karena sangat menyengat.
  • Padang pasir yang luas dengan pemandangan yang indah. Disini anda bisa menikmati pemandangan sambil naik kuda berkeliling.
  • Padang Rumput (Savana): Padang rumput yang hijau dan meyegarkan.
  • Wisata Kasodo Bromo: Meskipun merupakan upacara agama Hindu, namun upacara ini terbuka untuk umum. Jadi bagi Anda yang tertarik dengan perpaduan pemandangan mempesona khas Bromo dengan iring-iringan ritual Kasodo.
  • Wisata Jazz Gunung: Event tahunan Jazz Gunung di Bromo yang selalu mendatangkan ribuan wisatawan terutama pecinta musik jazz. Event ini menjadi Surganya bagi pecinta musik jazz. Rasakan sensasi musik jazz dengan udara dingin khas bromo dengan kesan yang mewah dan elegan.
  • Berkemah: Untuk lebih puas menikmati indahnya alam di sekitar TN BTS, terkadang pengunjung akan bermalam di sekitar lokasi. Untuk itulah, pengunjung bisa berkemah di wilayah TN-BTS ini. Lokasi yang biada digunakan untuk berkemah adalah di Cemorolawang, Nongkojajar, Ranu Pati, Ranu Kumbolo, Ranu Darungan dan di beberapa spot yang indah lainnya.